Ketahuan belangnya, Samsung buru-buru minta maaf

Samsung harus menanggung malu karena gunakan karya orang lain untuk publikasi iklan mereka di Facebook. Sebuah foto yang muncul di fanspage Samsung Singapura di Facebook mendadak menjadi sebuah berita yang hangat sekaligus 'menampar' keras perusahaan satu ini.


Betapa tidak, dalam iklan promosi Samsung NX300, pihak Samsung Singapura memasang sebuah foto artis atau penari jalanan yang mereka klaim diambil dengan menggunakan perangkat besutan mereka dan oleh team Samsung sendiri.

Namun, seperti dikutip dari Peta Pixel (08/05), sang pemilik foto asli tidak sengaja menemukan foto tersebut terpampang dengan informasi yang tidak sebagaimana mestinya.

Tentu saja, sang pemilik foto yang diketahui bernama Danny Santos tersebut menuliskan komentar di bawah foto yang terpampang di fanspage tersebut. Berikut beberapa foto terkait pelanggaran yang dilakukan Samsung.

Santos mengatakan, "Hello, Samsung Singapura..Foto ini adalah milik saya. Kenapa Samsung menggunakan foto ini tanpa izin saya?"

Sontak saja, dengan pernyataan serta bukti yang ditunjukkan Santos menjadi perbincangan banyak orang terutama kompetitor Samsung. Bahkan Santos juga mengirimkan bukti berupa data EXIF serta menjelaskan bahwa foto tersebut diambil dengan menggunakan kamera Nikon D700 DSLR.

Agar masalah tidak beredar semakin luas, Samsung akhirnya menghapus foto tersebut dan meminta maaf terhadap Santos. Uniknya, dalam pernyataan permintaan maafnya, Samsung hanya mengatakan, "Itu adalah kesalahan pada saat pengunggahan."

Belum diketahui kelanjutan kasus ini, apakah Santos akan menerima ganti rugi atas pelanggaran hak cipta tersebut atau tidak.
Note: Gambar diambil dari Petapixel.com. Klik kanan pada mouse > view image untuk melihat gambar dalam ukuran lebih besar
Karya Danny Santos
Karya Danny Santos
Data EXIF milik Danny Santos
Data EXIF milik Danny Santos
Foto iklan Samsung
Foto iklan Samsung
Danny Santos 'menggugat'
Danny Santos 'menggugat'

0 komentar: